Disqus Shortname

Cara Menginstal VirtualBox

CARA MENGINSTAL VIRTUAL BOX


Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.

Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.

Sistem operasi yang dapat menjalankannya antara lain Linux, Mac OS X, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Solaris, dan OpenSolaris. Berikut ini, langkah-langkah menginstal VM VirtualBox:

1.      Klik 2x file setup VirtualBox.


2.      Akan muncul tampilan Welcome to the Oracle VM, lalu pilih Next.


3.      Pada bagian ini, adalah bagian custom setup untuk location. yang merupakan tempat file VirtualBox tersebut disimpan. Jika ingin mengubahnya, anda tinggal klik Browse, lalu pilih dimana filenya akan disimpan.setelah itu, Klik Next untuk melanjutkan proses berikutnya.


4.      Pada bagian Custom Setup ini, ada dua buah pilihan, jika kita ingin Shortcut VirtualBox ada pada desktop dan launch bar, maka biarkan tanda centang tetap ada. Jika anda tidak mau, cukup Klik pada tanda centang tersebut. Lalu klik Next.


5.      Selanjutnya muncul kotak dialog “Warning : Network Interfaces”. Maksud dari warning ini adalah memberitahu bahwa saat proses instalasi berlangsung, hubungan ke jaringan atau network akan diputus. Pilih Yes, untuk melanjutkan proses instalasi.


6.      Pilih Install, untuk memulai proses instalasi.


7.      Kemudian tunggu proses instalasi.


8.      Setelah proses instalasi selesai, maka Anda sudah berhasil menginstall VirtualBox. Klik Finish untuk menjalankan program VirtualBox.



URL Source :

To:

7 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.