Disqus Shortname

Perbandingan TeamViewer, ShowMyPC, dan RAdmin

Pada postingan sebelumnya, kita sudah membahas tutorial dan juga tahap demi tahap instalasi dari 3 aplikasi yang bisa digunakan untuk mengendalikan PC, yaitu TeamViewer, ShowMyPC, dan RAdmin. Dari ketiga aplikasi tersebut, tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, untuk itu kita akan membahasnya lebih jauh.

 TeamViewer
      TeamViewer merupakan aplikasi remote desktop untuk mengendalikan PC dari jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet. Penggunaan aplikasi ini sangat mudah sebab serba user friendly, tidak membutuhkan keterampilan khusus. Untuk bisa menggunakannya, Anda harus menginstalnya pada semua komputer yang hendak dikendalikan. Jika Anda tidak memasangnya, maka tentu saja tidak akan bisa mengendalikannya. Kita bisa mengaksesnya melalui website dari tempat lain dimana pun Anda berada selama komputer yang dikendalikan terhubung ke internet.




ShowMyPC
     Aplikasi ini sebenarnya fungsinya sama seperti TeamViewer. Akan tetapi hal yang membedakan dari aplikasi ini adalah kita tidak perlu repot menginstalnya dan kita bisa menentukan aplikasi apa saja yang diperbolehkan diakses. Aplikasi ini memang terbilang unik, sebab jika menentukan aplikasi apa saja yang boleh diakses, layar yang ditampilkan memang hanya aplikasi itu saja, misalnya kita ambil contoh untuk mengakses Ms. Power Point maka yang ditampilkan hanya Ms. Power Point saja, tampilan layar lain akan tertutupi.
     Hal yang tidak kalah menarik dari aplikasi ini adalah password-nya yang dinamis, artinya password untuk mengaksesnya akan berubah-ubah. Di satu sisi, hal tersebut akan membuat Anda bingung sebab harus mengetahui password yang baru.

Fitur yang tersedia pada ShowMyPC antara lain :
1. Berlisensi gratis.
2. Tampilannya sederhana, sehingga mudah untuk digunakan.
3. Tidak memerlukan proses instalasi.

Remote Administrator (RAdmin)
     RAdmin adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk me-remote komputer yang terhubung dalam jaringan internet. Keunggulan software ini adalah kemampuannya berhubungan dengan komputer lain dengan sistem full remote. Artinya, apa yang ditampilkan dan dilakukan pada komputer client dapat ditampilkan secara keseluruhan pada komputer server. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus menginstal RAdmin ke komputer baik pusat (server) maupun cabang (client).
     Ada 5 jenis hubungan yang tercipta bila Anda menggunakan RAdmin, yaitu :
1. Full Control, untuk mengakses penuh komputer client termasuk kemampuan menjalankan mouse dan keyboard serta semua aplikasi program yang ada di dalamnya.
2. View Only, hanya dapat melihat tampilan dan aktivitas yang dilakukan pada komputer client tetapi tidak bisa mengendalikan komputer client.
3. TelNet, digunakan untuk masuk ke komputer client menggunakan fasilitas TelNet.
4. File Transfer, mengirim atau mentransfer file antar-komputer dalam jaringan internet.
5. Shutdown, untuk mematikan komputer client.
    



Referensi :
Enterprise, Jubilee. 2010. Teknik Mengendalikan PC dari Jarak Jauh. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
MataMayaStudio. 2010. Teknik Remote PC. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.