Disqus Shortname

Bagian - Bagian Komputer dan Fungsinya

Mengenal Bagian - Bagian Komputer dan Fungsinya


Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung, mengalami perubahan bahasa pada bahasa Inggris yaitu to compute dengan arti yang sama yaitu menghitung. Jadi fungsi sebenarnya dari komputer adalah sebagai alat bantu manusia untuk menghitung, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi dan perkembangan jaman yang juga diimbangi dengan meningkatnya kebutuhan manusia saat ini fungsi komputer beralih dari alat bantu hitung menjadi alat untuk mengolah data.

Nah, untuk kepentingan mengolah data dibutuhkan satu set komputer lengkap yang fungsinya antara bagian satu dan bagian yang lain akan saling melengkapi. 
Bagian-bagian komputer tersebut tidak bisa dipisahkan antara satu bagian dengan bagian yang lain. Berbeda dengan komputer jinjing atau laptop yang bagian-bagiannya menjadi satu, bagian-bagian komputer terpisah dan harus ada jika komputer ingin bisa digunakan sebagaimana mestinya. Bagian lengkap dari komputer antara lain: Tabel Kelompok Input Device (Perangkat Masukan). Tabel Kelompok Processor Device (Perangkat Pemeroses). Tabel Kelompok Output Device (Perangkat keluaran). Tabel Kelompok Storage Device (Perangkat Penyimpanan).

1. Tabel Kelompok Input Device (Perangkat Masukan)

a. Keyboard


Fungsi keyboard adalah untuk memasukkan karakter,dan memasukkan data teks atau perintah melalui tombol-tombol (huruf, angka dan symbol)

b. Mouse











Fungsi mouse adalah Untuk memberikan masukan berupa perintah pada program computer berbasis gambar. Cara Menggunakan MousePosisi mouse ditampilkan dalam monitor. Biasanya tampilan mouse ini berupa gambar panah. Dapat pula tampilan ini berbentuk jari tangan dan bentukbentuk lainnya. Saat Anda menggerakkan mouse, panah di monitor akan bergerak pula. Panah itu disebut kursor atau pointer. Pada umumnya, mouse memiliki dua buah tombol. Akan tetapi ada pula mouse yang memiliki lebih dari dua tombol. Selain itu, mouse jenis mouse scroll memiliki bagian berbentuk roda. Roda ini terletak di ujung tengah mouse. Roda mouse diapit oleh dua tombol mouse. Roda mouse disebut sebagai scroller. Scroller bermanfaat untuk menggulung layar dari suatu program aplikasi. Jika Anda melakukan klik pada tombol kiri mouse maka Anda melakukan klik kiri. Sebaliknya, jika Anda melakukan klik pada tombol kanan mouse, berarti Anda melakukan klik kanan. Klik kanan sering digunakan untuk mempersingkat langkah sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih cepat.


c. Scanner








Fungsi scanner adalah Untuk memindai atau menyaring documen tercetak seperti gambar, foto atau tulisan menjadi data digital yang dapat di proses oleh computer.

d. Touch Screen










Fungsi touch screen adalah Untuk menampilkan dan menerima informasi langsung pada layar yg sama dan bisa langsung berinteraksi pada computer tanpa menggunakan mouse atau keyboard.

e. Microphon










Fungsi microphon adalah Untuk mengubah bunyi menjadi sinyal elektrik dan untuk memberikan masukan berupa suara pada computer.

f. Light Pen











Fungsi Light Pen adalah untuk memberikan input pada computer dengan cara menyentuh layar monitor.

g. Kamera









Fungsi kamera adalah Untuk menangkap gambar pada suatu kejadian dan merupakan piranti masukan yang berfungsi mengirimkan data berupa video dan gambar.

h. Joystic











Fungsi joystic Alat yang digunakan dalam program permainan atau Game dan sebagai alat masukan perintah saat memainkan game di komputer.


2. TABEL KELOMPOK PROCESSOR DEVICE (PERANGKAT PEMEROSES)


a. Processor











Alat ini berfungsi sebagai pengolah data,processor merupakan bagian yagn sangat penting dalam computer

b. Register Prosesor










Register Prosesor adalah sejumlah kecil memori komputer yang bekerja dengan kecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap program-program komputer dengan menyediakan akses yang cepat terhadap nilai-nilai yang umum digunakan. Register umumnya diukur dengan satuan bit yang dapat ditampung olehnya, seperti "register 8-bit", "register 16-bit", "register 32-bit", atau "register 64-bit" dan lain-lain.

c. Cache Memori









Memori yang berada diantara memori utama dan fungsi cache memori adalah agar cpu tidak langsung mengacu pada memori utama sehingga dapat meningkatkan kinerja.

d. ROM (Read Only Memory)












ROM berfungsi sebagai media penyimpanan data internal pada computer personal dan informal tersebut hanya bisa di baca dan tidak bisa di hapus.

e. RAM (Random Acces Memory)








RAM berfungsi sebagai media penyimpanan sementara program dan data yang sedang digunakan oleh computer.dalam bentuk pulsa listrik

f. Motherboard









Motherboard adalah papan elektron yang di gunakan untuk meletakkan komponen-komponen internal computer seperti processor, VGA, sound card, dll. Dan sebagai media transfer data dari komponen yang bekerja dalam komputer.



3. TABEL KELOMPOK OUTPUT DEVICE (PERANGKAT KELUARAN)


a. Monitor









Monitor befungsi untuk menampilkan keluaran berupa sinyal electron yang berbentuk teks, gambar dan video, gambar bergerak dan sejenisnya.

b. Proyektor LCD









Proyektor LCD berfungsi untuk mempilkan objek yang dihasilkan computer kebidang lain yang lebih besar, seperti layar presentase atau tembok.

c. Printer











Fungsi printer adalah untuk mencetak hasil pengolah data pada kertas atau media lainnya.

d. Plotter









Plotter berfungsi untuk mencetak hasil kerja pada media cetak dengan ukuran yang besar

e. Speaker












Fungsi speaker adalah untuk memberikan keluaran dalam bentuk suara (audio).




4. TABEL KELOMPOK STORAGE DEVICE (PERANGKAT PENYIMPANAN)


a. Hard Disk










Hard disk dapat menyimpan informasi dalam jumlah yang besar dan dapat di panggil kembali dalam waktu yang sangat singkat

b. Floppy Disk











Floppy disk dapat menyimpan data dalam ukuran yang sangat terbatas dan data yang tersimpan di dalamnya lebih lambat di baca dari pada yang tersimpan.

c. Magneto-Optical









Magneto - Optical adalah media penyimpanan dengan bantuan sinar leser dan head magnetik

d. Optical Disk












Optical merupakan  media penyimpanan optikal menggunakan sinar leser untuk menulis dan mengambil data darinya

e. Flash Disk











Flash disk adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Penggerak kilat ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk penggerak kilat USB ada dari 64 megabita sampai 512 gigabita.

f. SSD











Penggerak Zadat atau Solid-State Drive (SSD) adalah media penyimpanan data yang menggunakan ngingatan tak gabar (nonvolatile memory) sebagai media dan tidak menggunakan cakram magnetis seperti cakram keras konvensional. Berbeda dengan ngingatan gabar (volatile memory) (misanya RAM), data yang tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.